Ilustrasi gambar.
KRIKENTS.BLOGSPOT.CO.ID – Assalamualaikum, Semangat siang membara #krikentsvora hehehe... *hedeh gak jelas... Siang yang cerah hari ini Krikents mau ngebahas tentang Bumil & Busu, hah? Paan tuh? Hehehe... itu ibu hamil atau menyusui yang lagi “galau” pada pilihan sulit, antara menjalankan ibadah puasa atau tidak puasa demi menjaga asupan gizi bagi buah hatinya. 

Berikut ada sedikit tips yang Krikents lansir dari radarsolo.jawapos.com, agar ibadah puasa lancar, asupan gizi buah hati pun terjaga.

Sejatinya ibu hamil atau menyusui tak perlu memaksakan berpuasa karena jika dirasa sangat berat akan mengganggu kesehatan. Namun, hal tersebut dapat disiasati dengan mengatur pola makan. Baik saat sahur atau berbuka puasa.

“Asupan cairan harus dipenuhi 2 liter setiap hari. Kalau dihitung kira-kira 8 gelas,” kata  Dosen Fakultas Kedokteran dan Rumah Sakit Universitas Sebelas Maret (UNS), dr. Muchtar Hanafi.

Untuk ibu hamil, setelah berbuka disarankan mengonsumsi sayur, buah, makanan lain yang bukan mengandung karbohidrat, dan air minum. Ingat, makannya jangan berlebihan. Serta konsumsi 1-2 gelas air putih sebelum tidur. Sementara saat sahur, sebaiknya dilakukan jelang imsak.

“Ibu menyusui juga demikian. Namun ibu menyusui lebih banyak membutuhkan kalori tinggi. Tergantung juga dengan usia bayi,” kata Muchtar.

Jika ibu menyusui berpuasa, maka air susu ibu (ASI) yang dihasilkan tidak akan mengenyangkan bayi. Maka, sebaiknya ibu menyusui berpuasa saat bayi sudah berusia lebih dari enam bulan. Karena bayi sudah mendapatkan makanan pendamping ASI.

Ibu menyusui saat sahur disarankan mengonsumsi banyak protein hewani dan makanan berlemak. Sebab, protein dan lemak dapat dipecah lebih lama ketimbang karbohidrat. Sehingga proses pencernaannya lebih lama.

“Jadwal menyusui yang puasa pun diatur agar bayi kenyang. Yaitu di pagi hari dan di malam hari. Di sela-sela itu, si bayi tetap diberi susu, ditambah makanan pendamping,” jelas Muchtar.

Nah, gak jadi halangan untuk ibadahkan, semoga dengan puasa si buah hati diberikan kesehatan dan barokah sang ibu yang berpuasa. Tetap semangat para bunda-bunda terhebat. #krikentsupportASI 

Sumber: radarsolo.jawapos.com